Friday 12 May 2017

Profil dan Biodata Mbah Ponco Sutiyem, Pemain Film Ziarah

Ada sosok yang tengah menjadi perbincangan masyarakat Indonesia, khususnya para penggemar film, sosok tersebut adalah Ponco Sutiyem, dia adalah wanita berusia 95 tahun yang turut bermain di film yang berjudul "Ziarah". Dari film tersebut mbah Ponco Sutiyempun dinominasikan sebagai aktris terbaik di Festival Film ASEAN.
Dalam film Ziarah tersebut Mbah Ponco Sutiyem berperan sebagai Mbah Sri, seorang nenek berusia 95 tahun asal Gunung Kidul. Aktingnya yang natural membuat dirinya berhasil masuk sebagai nominasi aktris terbaik Festival Film ASEAN 2017. Dia bakal bersaing dengan nominator lainnya yaitu Ngoc Thanh Tam (TheWay Station/Vietnam), Subenja Pongkorn (Bangkok Nites/Laos), Al-Al Delas Allas (Area/Filipina), dan Cut Mini (Athirah/Indonesia). Mbah Ponco sebenarnnya bukanlah pemain film profesional. Dia tidak punya dasar berakting sama sekali. Namun pengalaman hidupnya selama jaman perang yang kaya tersebut membuat sutradara BW Purba Negara kepincut. Sang sutradara pun berhasil mengarahkan Mbah Ponco untuk berakting senatural mungkin sehingga membuat para dewan juri Festival Film ASEAN yang terdiri dari U-Wei bin HJ. Saari (Malaysia), Maxine Williamson (Australia), Siti Kamaluddin (Brunei), Eddie Cahyono (Indonesia), dan Raymon Red (Filipina) kepincut.

Mbah Ponco terpilih setelah kru melakukan hunting ke desa-desa mencari pemain lansia yang mau berakting. Syaratnya tidak perlu bisa berakting namun punya pengalaman di jaman perang. Dan kebetulan Mbah Ponco, 95 tahun, punya pengalaman tersebut. Dia mencari suaminya yang hilang di jaman agresi militer Belanda ke-2. Mbah Ponco juga masih bersemangat bertanam jagung di dekat rumahnya, di kecamatan Ngawen, kabupaten GunungKidul. Mbah Ponco punya nilai otentik berupa pengalaman hidup yang luar biasa. Apalagi saat hamil tua di masa perang, rumahnya dihujani mortir dan peluru. Dia harus lari, berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa potongan hidup Ponco juga dimasukkan ke dalam cerita "Ziarah" yang akan tayang di bioskop mulai 18 Mei 2017. Film Ziarah selain mendapat nominasi aktris terbaik, juga berhasil mendapat empat nominasi yaitu Best Film, Best Screenplay, Best Director, dan Best Actress. Sejauh ini "Ziarah" sudah meraih beberapa penghargaan, di antaranya Film Terbaik di Salamindanaw Film Festival 2016, Skenario Terbaik versi Majalah Tempo 2016, Nominasi Penulis Skenario di Festival Film Indonesia 2016, Nominasi Film Terbaik di Apresiasi Film Indonesia 2016 dan Kompetisi Film di Jogja Netpac Asian Film Festival 2016.

Itulah uraian singkat kita pada kesempatan kali ini mengenai profil, biodata dan biografi dari sosok Mbah Ponco Sutiyem yang berhasil masuk nominasi sebagai Best Actress di Festival Film ASEAN.