Wednesday 28 December 2016

Profil dan Biodata Ezra Walian, Striker Muda Ajax Amsterdam

Baru-baru ini para penggemar sepakbola dihangatkan dengan kabar ingin bergabungnya pemain muda Ajax Amsterdam ke Timnas Indonesia. Pemain muda berusia 19 tahun ingin mengajukan diri untuk dinaturalisasi menjadi warga Indonesia. Nah untuk sedikit mengetahui sosok Ezra Walian, berikut ini adalah sekilas profil, biodata dan biografi dari Ezra Walian.

Ezra Walian adalah salah satu pemain sepakbola di Belanda yang merupakan keturunan orang Indonesia. Ia memiliki darah Merah Putih dari bapak asli Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dan ibu asal Belanda. Walian lahir pada 22 Oktober 1997 silam di Amsterdam dan kini memang masih memiliki paspor Belanda. "Umurnya kan memang baru 19 tahun. Jadi dia masih warga (negara) Belanda. Sejumlah kegiatan sosial, bahkan sering dia lakukan di kampung halamannya selain senang bermain sepak bola bersama pesepakbola-pesepakbola di dalam negeri.

Karier sepak bolanya bermula pada 2012 lalu. Saat usianya baru 15 tahun, Walian bergabung bersama Ajax Amsterdam B-2 atau U-16. Kiprahnya bersama Ajax Amsterdam sampai hari ini pun terbilang gemilang. Setahun pertama bersama klub tersebut, dia membawa Ajax B2 menguasai turnamen Lion City Cup di Singapura 2012 yang diikuti klub-klub elite Eropa lainnya. Namanya pun menjadi top skorer dalam kejuaraan tersebut. Punya rapor bagus bersama Ajax Amsterdam, manejemen klub mempertahankan kontrak bermainnya sampai hari ini. Sedangkan di timnas Belanda, Walian pernah memperkuat timnas Belanda U-15, U-16 dan U-17.

Demikianlah uraian singkat tentang sosok pemain bernama Ezra Wailan, pemain asal Belanda yang kini tengah memperkuat tim muda Ajax Amsterdam dan menyatakan ingin menjadi warga Indonesia dan memperkuat tim nasional Indonesia.


Source : Republika.