Saturday 31 December 2016

Profil dan Biodata Bambang Tri, Sang Penulis Buku "Jokowi Undercover"

Di penghujung tahun 2016 ada nama yang melejit di pemberitaan media, terutama di media online dan media sosial, dia adalah Bambang Tri Mulyono, penulis buku 'Jokowi Undercover' yang kini harus mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Bambang ditangkap di kediamannya di Blora, Jawa tengah, Jumat 30 Desember 2016. Setelah dibawa ke Jakarta dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Bambang kini dititipkan di Rutan Polda Metro. Sebelumnya, Bambang dilaporkan oleh Michael Bimo ke Bareskrim Polri atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik dan atau fitnah.
Menurut polisi setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, Bambang diketahui tidak memiliki dokumen pendukung terkait tuduhan pemalsuan data diri Presiden Joko Widodo saat mengajukan sebagai calon presiden ke KPU. Bambang dijerat dengan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi RAS dan Etnis dan Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

Profil dan biodata Bambang Tri masih belum banyak diketahui, namun dari beberapa sumber ada sedikit info, bahwa Bambang Tri adalah salah satu penulis senior indonesia yang bernaung di bawah Penerbit Pustaka Pesantren, pria ini cukup aktif di media sosial, dan termasuk sosok yang berani dan kritis. Tak jarang melalui akun-akun sosmed facebook miliknya ia melontarkan kritik-kritiknya yang cukup pedas terhadap pemerintah. Demikian sekilas profil dan biodata dari sosok Bambang Tri yang ditangkap oleh polisi dengan sangkaan pasal penghinaaan dan rasis.