Monday 9 January 2017

Profil dan Biodata Luis Fernandez

Pada Kongres PSSI 2017 di Kota Bandung ini penentuan nama pelatih Tim nasional Indonesia diumumkan, nama Luiz Fernandez menjadi yang terdepan untuk menjadi Pelatih Timnas Indonesia. Nah untuk lebih mengenal sosok Luis Fernandez berikut ini adalah sekilas profil dan biodatanya.

Nama lengkap Luis Fernandez adalah Luis Miguel Fernandez Toledo ia lahir pada tanggal 2 Oktober 1959. Ia merupakan salah seorang pesepakbola yang berasal dari Prancis dan bermain di posisi bek / gelandang. Ia pindah dari Spanyol ke Prancis sejak umur 9 tahun. Ia menimba ilmu sepakbola di Minguettes AS. Pada tahun 1981 ia mendapatkan naturalisasi sebagai pemain timnas Prancis. Setelah selesai menjadi pemain ia langsung menjadi seorang manager pada tahun 1993. Ia pernah melatih AS Cannes dan juga Paris Saint Germain (PSG), dan dia juga lah sosok yang memperkenalkan Ronaldinho menjadi sosok sepakbola yang terkenal di jamannya. Pada Awal tahun 2017, PSSI membidik Luis Fernandes untuk menjadi pelatih timnas Indonesia dengan agenda utama mempersiapkan timnas untuk ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Dalam riwayat kepelatihannya, Luis Fernandez tercatat pernah dua kali menangani timnas negara, Yaitu Israel pada tahun 2010-2011 dan Guinea pada tahun 2015-2016.
Catatan rekor melatih timnas negara Israel yakni 6 kali menang, 1 kali seri dan 8 kali kalah. Sedangkan di Guinea ia membawa 15 pertandingan dengan 6 kali menang, 4 kali seri serta 5 kali kalah.
Nah itulah sekilas profil dan biodata dari sosok Luis Fernandez yang namanya melambung di media-media Indonesia karena menjadi Kandidat kuat sebagai pelatih tim nasional Indonesia menggantikan Alfred Riedl.