Saturday 24 December 2016

Profil dan Biodata Ranu Muda Adi Nugroho

Di lini masa twitter, nama Ranu Muda menjadi trending topik Indonesia (TTI) pada Sabtu malam pukul 19.00 WIB, tanggal 24 Desember kemarin, tagar#BebaskanRanu diramaikan netizen pasca penangkapan Ranu Muda yang merupakan seorang jurnalis muslim di Surakarta. Tagar #BebaskanRanu sempat naik hingga ke urutan kedua topik yang paling dibicarakan (trendingtopic) di seluruh Indonesia. Tagar #BebaskanRanu hanya satu tingkat di bawah urutan 'Selamat Natal'.

Sebelumnya ramai diberitakan, wartawan Panjimas.com, Ranu Muda Adi Nugroho ditangkap pada hari Kamis (22/12/2016), pukul 00.10 dini hari. Hingga kini Ranu masih ditahan di Polda Jawa Tengah. Keprihatinan pun terus mengalir atas penangkapan tersebut, pasalnya Ranu yang sedang bertugas meliput sebagai wartawan justru dituding terlibat telah melakukan propaganda

Penangkapan jurnalis Muslim, Ranu Muda Adi Nugroho menjadi sorotan publik, termasuk tokoh-tokoh nasional seperti.Fahri Hamzah dan Mustafa Nahra. Fahri Hamzah yang merupakan Wakil Ketua DPR RI ini menyampaikan kritik atas penangkapan wartawan Panjimas.com tersebut. Ia menyatakan agar Polisi perlu dikasih tahu tentang metode-metode penegakan hukum dalam demokrasi, ia pun menyatakan jika orang berbeda pendapat itu jangan ditangkap. Aktivis Muda Muhammadiyah, Mustofa Nahrawardaya dalam akunnya @TofaLemon juga tak ketinggalan berkomentar. "Jurnalis kok dituduh povokator. Eh, tapi dia jurnalis Islam. Lupa," sindir Mustofa, Kamis (22/12/2016). Ia juga mengungkapkan bahwa kasus penangkapan Ranu Muda merupakan preseden buruk, sebab bisa mengancam wartawan yang lain.

Mengenai profil dan biodata Ranu Muda ada sedikit info, bahwa nama lengkap Ranu adalah Ranu Muda Adi Nugroho, saat ini berusia 36 tahun, ia adalah pria kelahiran Surakarta, 29 September 1980. Demikianlah uraian singkat tentang sosok Ranu Muda yang namanya sempat menjadi trending topik Indonesia di media sosial twitter.

Source : panjimas.com