Monday 19 December 2016

Profil dan Biodata Sam Ratulangi

Uang rupiah baru pecahan Rp 20 ribu yang diluncurkan Bank Indonesia pada 19 Desember 2016 yang lalu juga menampilkan gambar sosok pahlawan yang baru. Gambar dalam pecahan Rp 20 ribu yang baru itu adalah seorang pahlawan nasional bernama Sam Ratulangi. Untuk lebih mengenal sosok pahlawan ini, berikut adalah sekilas tentang profil, biodata atau biografi Sam Ratulangi.

Sam Ratulangi yang nama lengkapnya Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi lahir di Tondano, Sulawesi Utara pada 5 November1890, ia meninggal di Jakarta pada 30 Juni1949 di usia 58 tahun. Sam Ratulangi adalah seorang aktivis kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Sam Ratulangi juga sering disebut-sebut sebagai tokoh multi dimensional. Ia dikenal dengan filsafatnya: "Si tou timou tumou tou" yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia. Sam Ratulangi juga merupakan Gubernur Sulawesi yang pertama. Ia meninggal di Jakarta dalam kedudukan sebagai tawanan musuh pada tanggal 30 Juni 1949 dan dimakamkan di Tondano. Namanya diabadikan dalam nama bandar udara di Kota Manado yaitu Bandara Sam Ratulangi dan Universitas Negeri di Sulawesi Utara yaitu Universitas Sam Ratulangi.

Sam Ratulangi mengawali pendidikannya di Sekolah Dasar Belanda (EuropescheLagere School) diTondano, lalu ia melanjutkannya diHoofden School (Sekolah Raja: setingkat SMA),Tondano dan menyelesaikan Sekolah Teknik Koninginlijke Wilhelmina School (saat ini bernama SMK Negeri 1 Jakarta Budi Utomo) bagian mesin,Jakarta pada tahun1908. Pada tahun1915, Sam Ratulangi berhasil memperoleh ijazah guru ilmu pasti (Middelbare ActeWiskunde en Paedagogiek) di Universitas Amsterdam (Universiteit van Amsterdam), Belanda. Pada tahun yang sama, ia melanjutkan studi ke Swiss dan mendapat gelar Doktor der Natur-Philosophie (Dr. Phil.) untuk Ilmu Pasti dan Ilmu Alam diUniversitas Zürich tahun 1919.

Demikianlah uraian singkat kita kali ini tentang profil, biodata dan biografi Sam Ratulangi tokoh pahlawan nasional dari Provinsi Sulawesi Utara yang dikutip dari situs wikipedia Indonesia.