Tuesday 5 January 2016

Ronny Setiawan UNJ

Nama Ronny Setiawan mendadak populer, terutama di ranah media sosial seperti facebook dan twitter, bahkan di lini masa twitter tagar #saveRonny pun menjadi trending topik pertama di Indonesia, apa sih yang menyebabkan namanya mendadak populer?
Rupanya yang membuat nama Roni populer itu karena baru-baru ini Rektor UNJ Prof. Dr. Djaali mengeluarkan keputusan untuk menonaktifkan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNJ, Ronny Setiawan yang mendemo
Rektor UNJ dan menelisik dugaan penyalahgunaan anggaran.

Dalam Bab "Menimbang" Poin C, Rektor UNJ Prof. Dr. Djaali menyebutkan bahwa, "Saudara Rony Setiawan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNJ telah melakukan tindakan yang tergolong sebagai perbuatan kejahatan berbasis teknologi, pencemaran nama baik, dan tindakan penghasutan yang dapat mengganggu ketentraman dan pelaksanaan program yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta," tulis Rektor UNJ Prof. Dr. Djaali yang ditandatangani langsung dalam Keputusan Rektor per tanggal 4 Januari 2016.

Oleh beberapa kalangan, tindakan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Djaali dianggap melakukan
pembungkaman terhadap kebebasan menyampaikan pendapat yang dilindungi oleh UUD 1945. Hal itu tercermin dari keluarnya keputusan Rektor bernomor 01/SP/2016 tentang Pemberhentian sebagai Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang ditujukan kepada.Presiden Mahasiswa UNJ, Ronny Setiawan. Keluarnya keputusan tersebut langsung membuat riuh jagad pendidikan di tanah air, tak pelak mulai dari Guru Besar UNJ Profesor Bedjo, Mahasiswa Universitas Indonesia (UI), hingga alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) pun lantang keras menentang kebijakan Rektor UNJ tersebut. Bahkan di facebook dan twitter suara yang lebih keras sangat terlihat untuk menentang keputusan sang rektor.