Saturday 10 December 2016

Profil dan Biodata Mar'ie Muhammad


Innalillahi wa inna ilaihi roji'un, Berita duka kembali mewarnai pemberitaan di Indonesia, salah satu tokoh Indonesia yakni Mar'ie Muhammad dikabarkan meninggal dunia. Menteri Keuangan RI ke-18 itu meninggal dunia pada usia 77 tahun saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, sekitar pukul 01.37 WIB, Minggu, 11 Desember 2016. Rencananya almarhum akan dimakamkan hari ini ba'da zuhur di Tanah Kusir setelah salat zuhur dan salat jenazah di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru.

Nah berikut ini adalah sekilas profil, biodata atau biografi dari Mar'ie Muhammad yang dikutip dari wikipedia Indonesia:
Dr. H.Mar'ie Muhammad, M.Si.lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 3 April 1939, ia adalah mantan Menteri Keuangan pada periode Orde Baru. Ia diberi gelar Mr. Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di era-nya yang masih sarat dengan korupsi. Pendidikan terakhir yang ditempuh adalah Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia.

Pada tahun 1969 - 1972 ia mengabdi di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI. Pada Tahun 1972-1988 ia mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Kemudian pada tahun 1988-1993 ia mengabdi di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen). Pada tahun 1993-1998 ia menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI. Lalu pada tahun 2001-2004 ia mengabdi sebagai Ketua Oversight Committee (OC) BPPN. Pada tahun 1999 - 2009 ia menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), dan hingga sekarang ini ia menjabat sebagai Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PTBank Syariah Mega Indonesia.

Demikianlah uraian singkat kita kali ini tentang profil dan biodata Mar'ie Muhammad yang meninggal dunia di bulan Desember 2016 ini